Intip 10 Cara Praktis Mencairkan Sabun Batang dengan Mudah

Sabun Batang Jadi Sabun CairApakah Anda lebih menyukai sabun cair daripada sabun batang? Sabun cair disukai orang karena lebih mudah, lebih nyaman, lebih harum, lebih higienis, dan banyak kelebihan lainnya dari sabun batang.

Tapi, bagaimana jika stok sabun cair Anda habis, dan di rumah cuma ada sabun batang? Apakah Anda cuek saja dan menggunakan sabun batang tersebut, atau Anda mau sedikit kreatif dengan membuat sabun cair sendiri?

Ya, Anda bisa membuat sabun cair dari sisa sabun batang, stok sabun batang yang tak terpakai, atau pun sabun batang baru. Beberapa sisa sabun batang yang tidak terpakai malah bisa Anda cairkan untuk kemudian Anda gunakan kembali untuk keperluan mandi sehari-hari ataupun untuk kerajinan. Cara membuatnya tidak sulit, kok. Selain itu, Anda pasti tahu harga sabun cair bisa 10X lipat harga sabun batang, kan?

Dengan membuat sabun cair sendiri dari sabun batang, tentunya Anda jadi bisa lebih hemat, hehe. Berikut adalah cara mencairkan sabun batang yang telah Gluserent rangkum untuk Anda. Sebelumnya mari siapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang dibutuhkan:

  • Sabun batang
  • Air
  • Gliserin
  • Pewarna
  • Minyak essensial
  • Parutan/pisau
  • Timbangan
  • Panci/mangkuk tahan panas
  • Pengaduk
  • Microwave/kompor
  • Corong kecil
  • Tempat sabun cair bekas maupun baru

Cara Mencairkan Sabun Batang

1. Siapkan Sabun Batang

Siapkan Sabun Batang

* sumber: allnaturalsoap.co.uk

Langkah pertama dalam cara mencairkan sabun batang adalah dengan menyiapkan sabun terlebih dahulu. Baik itu sabun batang yang masih baru, stok lama, atau pun bekas. Tapi, untuk sabun batang bekas usahakan pilih yang belum terlalu kering, ya. Lalu, cek juga apakah sabunnya sudah kadaluarsa atau belum dan berjamur atau tidak.

Baca Juga  Simak 10 Rekomendasi Merk Sabun Mandi yang Bagus 2020

Sortir sabun sesuai kandungan dan aromanya. Jika sabun batang yang digunakan mengandung pelembab dan wangi yang serupa, maka bisa disatukan walaupun merknya berbeda.

Misalnya sabun Gluserent dengan sabun Lux. Lalu, jika aromanya sama yaitu buah-buahan, Anda bisa mencampurnya secara bersamaan. Misalnya sabun Giv dengan Fresh. Jangan campur sabun Lux dengan Dettol karena fungsinya berbeda dan aromanya akan aneh ketika dicampur.

2. Parut Sabun

Parut Sabun

* sumber: www.mynaturalbliss.com

Selanjutnya dalam cara mendaur ulang sabun, yang harus Anda lakukan adalah memarut sabun. Siapkan mangkuk sedang atau besar dan sebuah parutan. Parut semua sabun batang yang ingin Anda jadikan sabun cair. Semakin halus parutan, semakin cepat juga proses pembuatan sabun cair. Selain menggunakan parutan, Anda bisa juga mengiris sabun dengan pisau menjadi serpihan tipis.

3. Timbang

Timbang

* sumber: www.modernsoapmaking.com

Walaupun terlihat seperti praktek kimia asal-asalan, cara pembuatan sabun padat menjadi sabun cair tetap membutuhkan takaran yang tepat agar bisa dipakai. Pertama-tama, siapkan alat timbangan. Anda bisa menggunakan timbangan manual maupun digital. Kedua, kalibrasi-kan timbangan Anda.

Timbang sabun yang sudah Anda selesai parut. Setelah itu, sisihkan parutan sabun di mangkuk lain. Sekarang, waktunya Anda menimbang air. Banyaknya air yang dibutuhkan adalah 2X berat sabun. Jika berat air sudah ditimbang, kalikan dua karena Anda akan membutuhkan dua gelas air.

4. Tuang Air Mendidih

Tuang Air Mendidih

* sumber: www.mynaturalbliss.com

Cara mencairkan sabun batang yang ke-4 adalah mencampur parutan sabun batang dengan air mendidih. Pastikan untuk menggunakan mangkuk yang tahan panas, ya.

5. Rebus

Rebus

* sumber: itnmalangnews.com

Jika dirasa air mendidih kurang bisa mencairkan sabun batang, Anda bisa mencoba cara lain dengan merebusnya. Simpan panci berisi air dan parutan sabun. Nyalakan api kecil, lalu rebus sabun selama 10 – 15 menitan. Aduk secara berkala agar sabun dan air tidak terpisah ketika sudah dingin nanti.

Baca Juga  Rekomendasi 10 Merk Sabun Mandi untuk Kulit Kering Terbaik di Indonesia

6. Microwave

Microwave

* sumber: www.candlescience.com

Jika ada microwave di rumah, Anda bisa memanfaatkannya dalam cara mencairkan sabun batang. Masukkan parutan sabun dan air ke dalam wadah yang aman digunakan dalam microwave.

Ada pula yang memanaskan air terlebih dahulu baru dimasukkan parutan sabun dan dipanaskan lagi hingga sabun meleleh. Tapi, perlu Anda ketahui kalau sabun bisa meninggalkan aroma di microwave Anda. Jadi, pastikan untuk membersihkan bagian dalam microwave setelah digunakan.

7. Tambahkan Gliserin

Tambahkan Gliserin

* sumber: ahandcraftedlifeblog.wordpress.com

Gliserin adalah bahan yang biasa terdapat dalam sabun. Fungsi gliserin adalah untuk melembabkan kulit dan membuat sabun jadi lebih lembut. Ada gliserin yang bentuknya cair dan ada juga yang batangan. Jika Anda menggunakan gliserin batangan, pastikan untuk memarutnya terlebih dahulu dan memasaknya bersamaan dengan sabun agar dapat meleleh.

8. Tambahkan Bahan Lainnya

Tambahkan Bahan Lainnya

* sumber: www.candlescience.com

Tidak terlalu suka dengan warna sabun batang yang Anda gunakan? Anda bisa mewarnainya ulang jadi warna favorit Anda! Sekarang adalah waktunya Anda bereksperimen dengan bebas. Selain menambahkan warna, Anda bisa juga menambah lotion, madu, minyak aromaterapi, tea tree oil, atau minyak kecantikan dan minyak atsiri lainnya.

9. Aduk

Aduk cara mencairkan sabun batang

Mengaduk adalah kunci dari cara mencairkan sabun batang. Selagi proses pencairan sabun batang, Anda harus terus mengaduknya secara berkala agar sabun dan air menyatu sempurna.

Jika tidak, ketika sudah dingin nanti, sabun dan air bisa terpisah kembali. Ada juga orang yang mencampur sabun dan air menggunakan blender. Tapi, nanti sabunnya jadi berbusa dan akan meninggalkan residu di blender yang agak sulit dihilangkan.

10. Tuang Sabun ke Botol

Tuang Sabun ke Botol

* sumber: www.mynaturalbliss.com

Cara mencairkan sabun batang yang terakhir adalah menunggu! Tunggu sabun hingga dingin dengan menyimpannya di suhu ruangan. Sambil menunggu dingin, aduklah sesekali sabun agar tidak menggumpal. Kiranya sabun akan mendingin dalam 30 menit, maka aduklah sabun setiap 5 atau 10 menit sekali.

Baca Juga  Ketahui 10 Fungsi Sabun Mandi Batang yang Mungkin Belum Anda Tahu

Jika sudah dingin, sekarang waktunya memasukkan sabun ke dalam kemasan yang diinginkan. Gunakan corong kecil jika Anda merasa kesulitan untuk menuangkannya. Sabun cair buatan Anda ini bisa dimasukkan ke dalam jar atau pun wadah yang ada pompanya. Dan, selesai! Sabun cair home made siap Anda gunakan. Semoga tata cara mencairkan sabun batang di atas bermanfaat untuk Anda.

Oh, iya, cara ini bisa Anda praktekkan bersama buah hati juga, loh. Jadi anak-anak Anda bisa belajar sesuatu yang berguna sambil bermain, karena sabun ini tidak menggunakan bahan pengawet tambahan, jangan gunakan sabun jika usianya sudah lebih dari 1 tahun atau jika aroma dan warnanya jadi aneh, ya. Selamat mencoba! Jika ada yang ditanyakan bisa langsung klik disini.

Tags: cara mencairkan sabun batang cara mencairkan sabun batang agar tidak mengeras lagi cara mencairkan sabun batang gluserent cara mencairkan sabun batang kojie san cara mencairkan sabun batang menjadi cair cara mencairkan sabun batang menjadi sabun cair cara mencairkan sabun batang pepaya cara mencairkan sabun batang untuk dicetak cara mencairkan sabun batang untuk kerajinan cara mencairkan sabun dove batangan cara mencairkan sabun kojie san gluserent bisa dibuat sabun cair mencairkan sabun batang menjadi sabun cair mencairkan sabun batangan mencairkan sabun kojie san

Related Post "Intip 10 Cara Praktis Mencairkan Sabun Batang dengan Mudah"

Simak 10 Rekomendasi Merk Sabun Mandi yang Bagus 2020
Sabun Mandi yang Bagus - Setiap orang